Berita

Penguatan Pemahaman Evaluasi Penyelenggaraan SPBE Kanwil dan UPT

2022 08 26 Pusdatin 1

Jakarta – Menjadi peringkat tiga besar penyelenggara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus memperbaiki diri. Sebagai upaya refleksi dan evaluasi, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) sebagai pemangku tugas penyelenggaraan SPBE mengajak seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam sosialisasi persiapan evaluasi SPBE Kanwil dan UPT.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Ruang Rapat Sekretariat Jenderal (26/8) secara hybrid. Sosialisasi ini diikuti oleh 70 peserta secara luring dengan jumlah peserta daring sebanyak 900 akun zoom meeting. Hadir secara langsung Hermansyah Siregar, Kepala Pusdatin Kemenkumham sekaligus memimpin jalannya sosialisasi.

“Berdasarkan Indeksasi SPBE Nasional tahun 2021, Kemenkumham meraih predikat Sangat Baik. (Oleh karena itu--red) mari tingkatkan kematangan penyelenggaraan SPBE Kemenkumham!” ajak Hermansyah pada peserta sosialisasi.

Sebagai salah satu kementerian yang menjadi leading dalam digitalisasi dan inovasi pemerintahan berbasis elektronik, indeks SPBE Kemenkumham berada di angka 3.68 dari skala 1-5 dengan predikat sangat baik. Pada tahun 2023, Kemenkumham menargetkan untuk meraih predikat memuaskan dengan nilai 4.20.

Pelaksanaan evaluasi SPBE tingkat Kanwil dan UPT sendiri diukur berdasarkan 14 indikator. Hal ini merupakan turunan dari 4 domain dan 47 indikator evaluasi SPBE nasional. Agenda terdekat yakni penilaian mandiri dan pengumpulan data dukung oleh assesi melalui aplikasi evaluasi penyelenggaraan SPBE Kumham akan terselenggara pada 26 Agustus hingga 12 September 2022. Nantinya, pelaksanaan evaluasi ini akan diakhiri dengan pelaporan hasil evaluasi pada 16 November 2022.

“Penyelenggaraan SPBE Kumham tidak hanya sekadar mengejar poin atau indeks semata. Namun, hal ini dapat dijadikan challenge untuk lebih mematangkan teknologi serta membangun sistem teknologi informasi yang bersinergi antara Pusat, Kanwil, dan UPT,” tandas Hermansyah sekaligus mengakhiri sosialisasi penguatan evaluasi penyelenggaraan SPBE tahun 2022. (Naskah: Disa, Foto: Aji)

2022 08 26 Pusdatin 2

Related Articles

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham