Berita

Publikasi Positif dengan Sudut Pandang Pemberitaan yang Baik

2023 05 25 Humas Banten 1

Serang - Membentuk citra positif instansi merupakan tugas dan fungsi (tusi) utama seorang humas. Hal tersebut menjadi fokus Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) selaku pembina kehumasan di lingkungan Kemenkumham agar selalu menggunakan sudut pandang yang baik dalam mempublikasikan suatu informasi.

"Melihat tusi kita sebagai corong Kementerian, kita harus bisa mengemas pemberitaan yang memiliki daya tarik sehingga menarik media untuk mempublikasinya ke masyarakat luas," ujar Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma), Hantor Situmorang, pada saat memberikan penguatan dalam acara "Peningkatan Kinerja Publikasi Melalui Penguatan Tusi Kehumasan dan Kerjasama Dengan Media di Wilayah Banten", di Serang, Kamis (25/05). Sudut pandang, lanjutnya, juga menjadi hal yang penting karena apa yang dianggap positif bisa saja diberitakan negatif, begitu pula sebaliknya.

Dalam kegiatan tersebut, Hantor juga mengapresiasi kinerja kehumasan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Banten yang melakukan kerja sama dengan media online demi memaksimalkan publikasi pemberitaan. Hal tersebut dibuktikan dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama antara Kanwil Kemenkumham Banten, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon dengan rekanan media online nasional dan lokal di Banten.

"Kerja sama dengan media merupakan hal yang baik, agar media mendapat informasi tentang instansi kita secara utuh dan valid, sehingga apa yang nantinya dipublikasikan tidak salah data," papar Hantor. Hantor melanjutkan bahwa masih banyak hal positif dari setiap satuan kerja yang tidak dipublikasikan karena masyarakat hanya fokus kepada isu negatif yang bahkan tidak jelas akurasinya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto, dalam sambutannya, turut mengamini pentingnya kerja sama dengan media. Tejo mengatakan bahwa perlu adanya keterikatan dengan media untuk publikasi yang maksimal.

"Dengan kerja sama yang kami lakukan ini kami berharap mampu menyampaikan pemberitaan positif yang selama ini tidak pernah dipublikasikan di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham di Banten," ujar Tejo. Tejo menambahkan bahwa komunikasi dan koordinasi yang baik antara humas dan media harus terjalin agar hal-hal positif bisa disuarakan.

Perjanjian Kerja Sama dilakukan Kanwil Kemenkumham Banten dengan media online nasional dan lokal Banten yaitu Antaranews, Spiritnews, Fajar Banten, Banten Top, Harita.co.id, Detiknews, dan Berita Kota Kita. Diharapkan melalui kerja sama ini menjadi pemacu bagi jajaran Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten untuk lebih mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi dengan insan media dalam menyediakan keterbukaan informasi publik. (Kiki, foto: Ismail)

2023 05 25 Humas Banten 2

2023 05 25 Humas Banten 3

2023 05 25 Humas Banten 4

Related Articles

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham