Publikasi Kinerja, Bukti Eksistensi Kemenkumham

2024 05 07 DIY 1

Yogyakarta - Publikasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) selain sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja kepada masyarakat, juga sebagai “bukti eksistensi” suatu organisasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Hantor Situmorang saat mengajak jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengoptimalkan kualitas publikasi di setiap kegiatan kanwil.

“Publikasi didalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham, akan sangat menentukan eksistensi Kemenkumham, bahkan termasuk dengan kementerian/lembaga lain,” kata Hantor dalam kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja “Optimalisasi Capaian Kinerja PASTI Berdampak”.

“Kalau pekerjaan tidak terpublikasikan, maka rugi kita, karena eksistensi kita, inovasi kita, tidak ‘terdengar’,” ucapnya lagi, Senin (07/05/2024) pagi.

Tak hanya menyangkut kinerja, lanjut Hantor, publikasi juga menyentuh kedalam ranah penyimpanan kerja sama. Untuk diketahui, didalam memenuhi kebutuhan penyimpanan dan publikasi kerja sama, Kemenkumham telah memiliki aplikasi yang dapat secara langsung memberikan informasi terkait kerja sama melalui laman https://p2ma.kemenkumham.go.id

“Kami sebagai unit pembina (kerja sama), jadi untuk kerja sama yang sudah dilakukan agar dicek kembali, apakah masih berlaku, atau sudah habis (masa berlakunya). Dicek juga apakah ada kerja sama yang sudah berlaku, tetapi belum terlaporkan,” ujar Hantor.

“Upayakan kerja sama itu mendongkrak kinerja Kemenkumham yang berdampak, dan disimpan dalam database P2MA (Penyimpanan Publikasi Kerja Sama). Sehingga nanti kita bisa mendefinisikan sejauh mana kerja sama yang kita bina,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Agung Rektono Seto mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pada jajaran Kanwil Kemenkumham DIY.

“Publik menginginkan pemerintah hadir untuk melayani, aksesibilitas yang mudah, tidak berbelit, bebas praktek pungli, efektif dan efisien, dan memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Agung.

“Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, kami harapkan segenap peserta melakukan sharing knowledge pada rekan kerjanya, sehingga setiap pegawai dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja pada jajaran masing-masing,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini membahas beberapa aspek, yakni pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, monev rencana aksi, SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), kehumasan, kerja sama, dan advokasi hukum, serta monitoring implementasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Selain Hantor dan Agung, hadir juga sebagai narasumber Kepala Biro Perencanaan Ida Asep Somara, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Rifqi Adrian Kriswanto, serta pejabat struktural dan fungsional dari internal Biro Hukerma. (teks dan foto: Tedy)

2024 05 07 DIY 2

2024 05 07 DIY 3

2024 05 07 DIY 4

2024 05 07 DIY 5

2024 05 07 DIY 6

2024 05 07 DIY 7

 2024 05 07 DIY 8

Related Articles

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA
PikPng.com school icon png 2780725    JL. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan
 Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12940
PikPng.com phone icon png 604605   021 - 5253004
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rohumas@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    pengaduan.setjen@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham